Ulasan ringan seputar kota Medan

Wisata Alam Kawah Putih - Tinggi Raja, Sumatera Utara

Created. Sun, 20 Apr 2014 04:51:59
Comment(s). 0

Paket Wisata Alam Dolok Tinggi Raja ( Bukit Kapur / Kawah Putih )Kawah putih ? kawah putih itu kan di Bandung, mungkin ini yang terpikir saat kita mendengar kata "kawah putih". Kawah putih yang satu ini ternyata adanya di Sumatera Utara, tepatnya di daerah Tinggi Raja - Simalungun. Pesona wisata alam kawah putih Tinggi Raja ini tidak kalah dengan kawah putih yang ada di Bandung. Pemandangan perbukitan dan hamparan kapur yang berwarna putih bak salju dipadu dengan warna hijau dari dasar kawah air belerang membuat lokasi wisata alam ini cukup tepat untuk melepas segala beban kerja yang ada di perkotaan.

Wisata alam Dolok Tinggi Raja atau yang lebih dikenal dengan sebutan "kawah putih" nya Sumatera Utara ini, merupakan lokasi wisata air panas seluas 4 hektar yang masih alami dan berada dalam area Cagar Alam Dolok Tinggi Raja. Lokasi wisata yang berada di dalam hutan lindung dan konservasi alam Desa Dolok Tinggi Raja Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara ini dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda 4 maupun roda 2 dari kota Medan selama kurang lebih 3 - 4 jam.

Perjalanan menuju lokasi wisata ini tidaklah mudah, kita akan melalui jalan-jalan yang berlubang yang penuh batu kerikil dan berliku-liku. Tapi jangan khawatir, selama perjalanan ini, kita akan disuguhi oleh pemandangan alam yang masih asri yang tentunya tidak dapat kita lihat di perkotaan.

Toilet alam di kawah putihKetika kita sampai di bukit kawah putih, kita akan disuguhi oleh bentangan tanah putih seperti salju berpadu dengan air berwarna biru dan pepohonan yang hijau, rasa lelah di perjalanan akan segera terobati, dan jangan lupa, siapkan kamera anda untuk menangkap tiap objek yang indah di lokasi ini. Selain pemandangan tanah putih / kapur yang halus, terdapat pula bekas aliran air dan bekas kawah yang sudah mengering. Bukit ini penuh dengan retakan-retakan yang jika kita dengarkan secara seksama, akan terdengar suara aliran air yang berada jauh di bawah retakan tersebut, sungguh menakjubkan. Tapi ada satu hal yang perlu diperhatikan, dilokasi wisata ini tidak memiliki toilet yang cukup baik, anda hanya disuguhi toilet darurat seperti pada gambah berikut ini. Semoga saja, saat ini toilet permanen dan layak telah tersedia saat ini :)

Menurut penduduk setempat, lokasi mata air panas di lokasi wisata tinggi raja ini dapat berpindah-pindah sewaktu-waktu. Oleh karenanya, setiap foto yang anda ambil, akan menjadi kenangan yang sangat berarti.

Pondok / tempat peristirahatan atau duduk-duduk di lokasi wisata alam kawah putihDilokasi wisata ini, banyak terdapat tempat peristirahatan sementara - kedai minuman, tapi, jangan harap anda dapat menemukan rumah makan. Oleh karenanya, jika anda ingin berkunjung ke lokasi wisata ini, ada baiknya bawa bekal dari rumah. Bicara mengenai makanan, menurut penduduk setempat, hendaknya, makanan yang dibawa bukan makanan yang mengandung daging babi, karena akan dapat menurunkan hujan di lokasi wisata ini. Yah, boleh percaya atau tidak, tapi ini adalah mitos yang dipercayai oleh penduduk setempat.

Lokasi wisata alam ini masih membutuhkan perhatikan pemerintah daerah dalam menata dan mengelolahnya. Beberapa operator wisata lokal, sudah mulai menjadikan tempat wisata alam ini menjadi destinasi mereka, salah satunya Arimbi Rental yang memiliki paket wisata menuju lokasi wisata alam ini, sehingga bagi mereka yang ingin menikmati wisata di tempat ini, dapat dengan mudah diakomodasi.

Berikut foto-foto yang kami dapatkan dari tim Arimbi Rental saat mereka memandu kami menuju lokasi wisata alam ini :

Wisata Alam Kawah putih Sumatera Utara 1

Wisata alam dolok tinggi raja

Wisata Alam Kawah putih Sumatera Utara 2

Pemandangan kawah belerang

Pemandangan kawah belerang dan lokasi peristirahatan

Pemandangan tanaman yang mengering akibat panas belerang dari kawah putih

Pemandangan tanaman yang mengering akibat panas belerang dari kawah putih 2

Lokasi duduk / istirahat bagi pelancong

Toilet alam di kawah putih

Comment(s)

Email *
Fullname *
Phone / Mobile *
Company / Website
Comment *
Validation Code
Verify Validation Code
Verify Validation Code *
 
Load time : 1 Sec(s)