Ulasan ringan seputar kota Medan

Aek Sijornih : Air Terjun Bertingkat Banyak

Created. Sat, 21 Mar 2015 17:07:30
Comment(s). 0

Aek Sijornih : Air Terjun Bertingkat Banyak

Air Terjun Aek Sijornih terdiri dari dua buah air terjun mini yang berundak-undak. Berbeda dengan air terjun yang umumnya tinggi ramping dan tegak lurus, kedua air terjun ini berada pada medan slop / miring pada tanah dengan kandungan kapur. Air yang ditumpahkan pun melebar ke sisi kiri dan kanan, bertingkat-tingkat. Aek Sijornih berarti air yang jernih. Di musim hujan atau kemarau, air terjun ini senantiasa selalu jernih.

Air terjun ini memiliki ketinggian sektar 10 m dan dikelilingi pohon-pohon kelapa disekitarnya bahkan ada yang tumbuh di tengah air terjun.

Pada aliran air terjun pertama (sebelah kiri) dibiarkan mengalir dalam bentuk parit-parit kecil. Sedangkan yang berada di sebelah kanan (aliran yang lebih besar) ditampung dalam kolam-kolam buatan untuk pemandian. Kolam-kolam tersebut terbagi dua. Ada yang besar, ada yang kecil. Yang kecil dibuat dengan kedalaman setengah meter untuk anak-anak, sedangkan yang besar dengan kedalaman lebih dari satu meter untuk orang dewasa. Dari kolam dewasa, pengunjung dapat naik ke atas menelusuri aliran sungai dan dapat memilih tempat yang nyaman.

Sumber kedua air terjun ini berasal dari mata air perbukitan yang mengitari Kecamatan Batang Angkola dan Sayur Matinggi. Konon, pada musim hujan, sumber air yang mengandung kapur di perbukitan itu tidak pernah keruh. Sedang  pada musim kering, curah air justru semakin meningkat.

Lokasi : Tapanuli Selatan, Sumatra Utara
Photo by : @advjourney
#Repost from : @exploretabagsel

#aeksijornih #airterjunbertingkat #waterfall #tapanuli #tapanuliselatan #sumaterautara #northsumatera #indonesia #wisatadomestik #visitindonesiayears #exploresumatera #medanreview #medan #wisata


Dapatkan informasi cepat melalui akun sosial media MedanReview.com berikut ini :
Instagram : @medanreview
Twitter : @medanreview_
Tumblr : @medanreview
Facebook : @medanreview
Google Plus : +MedanReview
BBM Channel : C0035C07C
BBM PIN : 51E4484D

Silahkan menghubungi kami melalui salah satu akun sosial media di atas.


Comment(s)

Email *
Fullname *
Phone / Mobile *
Company / Website
Comment *
Validation Code
Verify Validation Code
Verify Validation Code *
 
Load time : 1 Sec(s)