Ulasan ringan seputar kota Medan

Clapham Conversation bersama Willix Halim Bukalapak

Created. Fri, 27 Jan 2017 10:04:16
Comment(s). 0

Clapham Conversation bersama Willix Halim Bukalapak

Mau sedikit berbagi tentang Clapham Conversation yang diselenggarakan pada Kamis, 26 Jan 2017. Di acara ini, Willix Halim, COO (Chief Operation Officer) Bukalapak.com hadir sebagai narasumber, berbagi mengenai pengalamannya di dunia startup dan sebagai COO Bukalapak.com.

Clapham Conversation adalah sebuah mini talkshow ala coworking space Clapham Collective. Clapham Conversation biasanya menghadirkan narasumber yang menginspirasi dan berbagi pengalaman mengenai bidangnya.

Nah, kali ini di Clapham Conversation ada koko Willix Halim, COO (Chief Operation Officer) Bukalapak.com. Willix sudah memiliki berbagai pengalaman di dunia startup digital. Dia pernah menjadi bagian dari freelancer.com dan mengenal banyak praktisi startup digital di Silicon Valley.

Dengan latar belakang pengalaman yang mumpuni dalam dunia startup, tidak perlu diragukan lagilah ilmu yang bisa dibagikannya.

Saat ini Willix bertanggung jawab dalam operasional Bukalapak.com, startup Indonesia yang bergerak di bidang e-commerce ini memang sedang hits-hitsnya. Meskipun pengguna situs Bukalapak.com dari kota Medan hanya 1% dari total traffic yang mereka miliki, tapi si koko ini masih tetap antusias dalam membagikan ilmunya.

Menurut Willix, startup yang sedang tumbuh itu harus selalu ber-experimen dengan fitur atau layanan yang mereka miliki. Dari layanan atau fitur yang di experimenkan itu, kemudian perlu adanya prioritas terhadap salah satu fitur yang paling banyak diminati. Hal ini lah yang selalu dilakukan Bukalapak.com hingga saat ini.

Pada kesempatan ini, Willix juga membagikan tips Pirates Matrix AARRR (Acquisition, Activation, Retention, Referral, Revenue) sebagai panduan untuk memulai sebuah startup. Willix yang lebih memilih agar startup berkembang secara bootstrap (tumbuh dan berkembang secara organic) dari pada tergantung pada investor ini, menilai, bahwa tahapan AARRR perlu dilakukan oleh setiap orang yang ingin memulai startupnya, membuat perencanaan bagaimana mendapatkan (Acquisition) pengguna, bagaimana pengguna dapat aktif (Activation) dan nyaman dalam menggunakan fitur-fitur yang diberikan, sehingga mereka dapat kembali lagi menggunakan fitur tersebut (Retention). Ketika pengguna telah nyaman dengan layanan yang diberikan, dengan sendirinya mereka akan merekomendasikan layanan startup kita (Referral) kepada orang lain yang pada akhirnya startup yang kita mulai dapat menghasilkan (Revenue).

Willix menganggap, startup yang kedepan akan berkembang adalah startup yang bergerak di bidang SaaS (Software as a Service), fintech dan kesehatan. Acara Clapham Conversation ini akhirnya ditutup oleh Willix dengan harapan adanya startup yang berkantor di Medan dan go global.

CLAPHAM STARTUP 2017

Clapham Startup 2017

Clapham Conversation bersama Willix Halim COO Bukalapak.com ini merupakan rangkaian dari acara "CLAPHAM STARTUP 2017" yang akan diadakan pada tanggal 17 - 18 Februari 2017. Acara "CLAPHAM STARTUP 2017" kali ini akan dihadiri oleh pelaku-pelaku startup yang sudah sukses, salah satunya dari Bukalapak.com dan dari investor dengan portfolio yang tidak diragukan lagi.

CLAPHAM STARTUP 2017 hanya menyediakan 300 tiket saja, sangat terbatas, oleh karena itu, buat sobat medanreview yang ingin mengikuti acara ini, pantau terus instagram kami dan instagram Clapham Collective di @ClaphamCo , sangat disayangkan jika melewatkan festival startup terbesar di kota Medan ini.

Comment(s)

Email *
Fullname *
Phone / Mobile *
Company / Website
Comment *
Validation Code
Verify Validation Code
Verify Validation Code *
 
Load time : 1 Sec(s)