Ulasan ringan seputar kota Medan

Clapham Startupfest 2018 Ajang Berkumpul Pelaku Startup Kota Medan

Created. Sat, 03 Feb 2018 19:30:06
Comment(s). 0

Clapham Startupfest 2018 Ajang Berkumpul Pelaku Startup Kota MedanClapham Startupfest 2018 Ajang Berkumpul Pelaku Startup Kota Medan

Tahun 2018 menjadi tahun ke-3 event Clapham Startupfest. Event ini menjadi barometer pertumbuhan dan perkembangan startup digital di kota Medan. Tahun ini ada 16 startup yang melakukan presentasi produk digital mereka diantaranya Pak Tani Digital, Cerah, Invita, Semuts, Hepimama, Metrosoft, Collective Life, Untuk Anakku, Unclekick, Hobiku, Tani Plus, Kami Space, Ezbild, Mobilkamu, Urban Ace dan Trivatrip.

Selain presentasi dari 16 startup, acara Clapham Startupfest 2018 ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Di tahun ini, Clapham menghadirkan pembicara yang luar biasa, terutama kontribusi mereka kepada startup yang sudah maju, diantaranya Willix Halim (COO Bukalapak), Crystal Widjaja (Senior Vice President Business Intelligence and Growth Go-Jek Indonesia), Ronny W Sugiadha (CMO Kaskus Network) dan Yuka Harlanda (CEO Brodo). Melihat tema yang dibawa oleh para pembicara, tahun ini Clapham Startupfest berbicara bagaimana memanfaatkan data yang berasal dari kebiasaan pengguna untuk meningkatkan pertumbuhan sebuah startup.

Selain sisi bisnis, Clapham Startupfest 2018 ini juga menghadirkan pembicara dari Google Developer Expert - Dennis Alund. Dennis membawakan topik tentang pemanfaatan Firebase dalam pengembangan aplikasi. Meskipun hanya "kulit" nya saja, workshop ini setidaknya memberikan insight kepada startup developers mengenai keunggulan firebase dalam hal analytics dan kemudahan dalam melakukan riset pengguna aplikasi.

Andy Zain - Managing Director of Kejora VenturesAndy Zain - Managing Director of Kejora Ventures

DENNIS ALUND - Google Developer ExpertDENNIS ALUND - Google Developer Expert

Startup PitchingStartup Pitching

Peserta Startup Pitching Clapham Startupfest 2018Peserta Startup Pitching Clapham Startupfest 2018

Salah Satu Startup Kota Medan Sedang Pitching di Hadapan MentorSalah Satu Startup Kota Medan Sedang Pitching di Hadapan Mentor

Pengunjung Clapham Startupfest 2018Pengunjung Clapham Startupfest 2018

Clapham Startupfest 2018 menjadi ajang berkumpulnya para pelaku startip kota Medan, baik yang sudah memiliki produk, maupun yang sedang menjajaki untuk membangun startup.

Photo BoothPhoto Booth

Crystal Widjaja (SVP Business Intelligence and Growth Go-Jek Indonesia)Crystal Widjaja (SVP Business Intelligence and Growth Go-Jek Indonesia)

Crystal Widjaja (SVP Business Intelligence and Growth Go-Jek Indonesia)dalam presentasinya menjelaskan bagaimana Go-Jek Indonesia mengunakan north star metric dalam pendekatan analytics stream dan execution stream guna menganalisa data pengguna layanan Go-Jek. Data profile pengguna dan kebiasaan pengguna menjadi bagian dalam memutuskan fitur yang ada di aplikasi GO-JEK.

Dalam diskusi Growth Panel, para panelis Willix Halim, Crystal Widjaja dan Yuka Harlanda memaparkan hal-hal yang menjadi concern mereka dalam menganalisa kebiasaan pengguna layanan mereka. Dari ketiga panelis ini dapat disimpulkan, tidak ada pendekatan yang seragam untuk semua startup dalam hal pemanfaatan data dalam meningkatkan pengguna layanan atau produk mereka.

Growth Panel : Willix Halim, Crystal Widjaja dan Yuka HarlandaGrowth Panel : Willix Halim, Crystal Widjaja dan Yuka Harlanda

Christopher Angkasa dan Kevin Darmawan (Managing Partner Coffee Ventures)Christopher Angkasa dan Kevin Darmawan (Managing Partner Coffee Ventures)

Clapham Startupfest 2018 yang berlangsung dari tanggal 2 Feb 2018 hingga 3 Feb 2018 ini, turut pula dihadirkan Kevin Darmawan (Managing Partner Coffee Ventures). Dalam acara diskusi bersama Christopher Angkasa, beliau bercerita bagaimana kisahnya dalam menentukan pilihan dan mengikuti passion untuk melepaskan pekerjaannya yang berpenghasilan tinggi di Amerika Serikat kemudian ke Indonesia dan menjadi investor.

Jangan menunda untuk belajar dan melakukan menjadi nasehat yang bisa dipetik dari diskusi 2 investor handal ini.

Di penghujung acara Clapham Startupfest 2018, William Utomo di daulat untuk menjadi keynote pamungkas. COO IDN Media ini memaparkan strategi IDNTimes.com dalam meningkatkan pertumbuhan penggunanya dengan cara yang "irit". Pemanfaatan influencer di berbagai acara offline yang mereka adakan, terbukti efektif hingga saat ini IDNTimes.com menempati urutan ke-5 dalam daftar portal media yang ada di Indonesia.

William Utomo - COO IDN MediaWilliam Utomo - COO IDN Media

Startup PitchingStartup Pitching

Akhirnya, kami sebagai media partner acara Clapham Startupfest 2018, rasanya pantas untuk berterima kasih kepada tim @claphamstartupfest dan @claphamco yang telah mengadakan acara luar biasa dalam 2 hari ini ditunggu tahun depan dengan konsep yang lebih cetar !

EV Hive at Clapham ( 3.59246908099 , 98.6817526817 )
EV Hive at Clapham ( 3.59246908099 , 98.6817526817 )


Dapatkan informasi cepat melalui akun sosial media MedanReview.com berikut ini :
Instagram : @medanreview
Twitter : @medanreview_
Tumblr : @medanreview
Facebook : @medanreview
Google Plus : +MedanReview
BBM Channel : C0035C07C
BBM PIN : 56C2FAE2

Silahkan menghubungi kami melalui salah satu akun sosial media di atas.


Comment(s)

Email *
Fullname *
Phone / Mobile *
Company / Website
Comment *
Validation Code
Verify Validation Code
Verify Validation Code *
 
Load time : 1 Sec(s)