Ulasan ringan seputar kota Medan

Medan & Tjong A Fie

Created. Thu, 30 Apr 2015 08:53:15
Comment(s). 0

Medan & Tjong A Fie

Bangsa yg baik peduli akan sejarah nya sendiri. Sudah sepantasnya kita sbg penerus bangsa menghargai hasil karya nenek moyang & para pendahulu sblm kita.

Tjong A Fie pemuda asal desa Moy Hian Cina adalah seorang yang secara sejarah sulit dipisahkan dengan kota Medan. Tokoh pluralis yg hidup antara thn 1860-1921 ini adalah saudagar Medan yg sangat terpandang dan dihormati. Ia dekat dengan seluruh kalangan dicintai rakyat kecil dan aktif diberbagai kegiatan sosial.

Tjong A Fie banyak sekali memberikan kontribusi dengan membangun fasilitas umum seperti masjid Gang Bengkok, masjid raya Medan, ikut andil dalam pendirian istana maimoon, gereja uskup, kuil Budha di Brayan, kuil Hindu serta pelopor transportasi kereta api pertama di Sumatera Utara.

Ia juga merupakan orang yang menghapus sistem penarikan becak yang ditarik oleh manusia. Saudagar yang berprinsip dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung ini sukses di berbagai bidang seperti perkebunan, pertambangan, perbankan, properti dan mempekerjakan lebih dari 10.000 karyawan.

Ia juga cukup dekat dengan Sultan Deli dan pihak kesultanan. Ini bisa dilihat dari banyaknya foto-foto beliau dengan pihak kesultanan.

Dalam surat wasiat nya ia menulis : "Sisihkan harta dan bantulah orang yang kesulitan tanpa melihat siapapun dia, agamanya, ras atau latar belakangnya."

Tampaknya kerukunan antar umat beragama di kota Medan yang multi etnis itu sudah dimulai sejak lama. Dan mudah-mudahan warga Medan semakin mencintai kotanya serta senantiasa menghargai keberagaman yang sudah di-ijinkan Sang Pemilik Kehidupan terjadi (ada). Mauliate, matur suwun, kamsia, sukriya, xie-xie, hatur nuhun, sauhagolo, tarimo kasi, teurimong gaseh utk semua yg sdh membaca tulisan ini.

Salam @bijak_palsu

#sejarahmedan #saudagarkaya #keberagaman #kotamedan #rumahtjongafie #bhinnekatunggalika #fotohitamputih #hitamputih #hitamputihid #kesawan #situsbudaya

 


Dapatkan informasi cepat melalui akun sosial media MedanReview.com berikut ini :
Instagram : @medanreview
Twitter : @medanreview_
Tumblr : @medanreview
Facebook : @medanreview
Google Plus : +MedanReview
BBM Channel : C0035C07C
BBM PIN : 51E4484D

Silahkan menghubungi kami melalui salah satu akun sosial media di atas.


Comment(s)

Email *
Fullname *
Phone / Mobile *
Company / Website
Comment *
Validation Code
Verify Validation Code
Verify Validation Code *
 
Load time : 0 Sec(s)