Ulasan ringan seputar kota Medan

Pesona Danau Toba dari Taman Simalem Resort

Created. Tue, 29 Apr 2014 10:54:25
Comment(s). 0

Taman Simalem Resort : Pearl of Lake Toba

Danau Toba sudah pasti semua orang sudah mengenal nama ini. Danau terbesar di Sumatera Utara ini memiliki pesona yang sudah diakui oleh dunia Internasional. Selain agenda Festival Danau Toba yang diadakan tiap tahunnya, danau toba ini juga sudah menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Utara, dapat dikatakan, belum ke Sumatera Utara sebelum berkunjung ke Danau Toba.

Pesona Danau Toba, selain dapat dinikmati dari kota Parapat, juga dapat dinikmati dari tanah karo (Kabanjahe). Inilah keunikan lain dari Danau Toba. Pada kesempatan ini, kami akan membagi pengalaman kami saat berkunjung ke Taman Simalem Resort, yaitu sebuah lokasi tujuan wisata yang terletak di Tanah Karo, tepatnya di KM 9 Jalan Raya Merek - Sidikalang, Sumatera Utara. Taman Simalem Resort berasal dari kata taman dan simalem, dimana simalem diambil dari bahasa daerah yang artinya "menyenangkan". Taman simalem resort didirikan dengan tujuan sebagai daerah tujuan peristirahatan dan wisata yang menyenangkan.

Danau Toba dari Taman Simalem Resort

Dengan perjalanan sejauh kurang lebih 130KM dari kota Medan atau sekitar 2,5jam perjalanan, Taman Simalem Resort tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan alam danau toba, ditambah lagi lokasinya tepat berada di perbukitan barat daya danau toba membuat lokasi ini sejuk dan dapat melihat langsung pesona danau toba dengan pegunungan yang mengelilinginya.

Resort seluas 200ha ini, masih terus dikembangkan. Saat ini Taman Simalem Resort menyediakan berbagai lokasi dan kegiatan wisata alam yang sangat menarik, diantaranya :

  • Flower Nursery
  • Adventure Zone
  • Riverside Place
  • Bird park
  • Handicraft Centre
  • Waterfall Lodge
  • Pangambatan Cafe
  • Management Office
  • Buddhist Temple
  • Labyrinth
  • Heli-pad
  • Karo Agrotourism Farm
  • 9-hole Gorat Ni Padang Golf Course
  • Kodon Kodon Cafe
  • Toba Cafe
  • Pearl of Lake Toba Plaza
  • Fruit & Vegetables Farming
  • Tongging Mart & Cafe
  • Amphitheater
  • Camping Ground
  • Jungle Trek
  • Tongging Lodge Dormitory 
  • Tea House
  • Horse Riding
  • One Tree Hill

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi pengalaman di lokasi wisata ini, semoga dapat menjadi referensi bagi kamu yang ingin berkunjung.

Welcome Drink

Karena kami datang dalam satu group dengan jumlah yang banyak, sebelum check-in kami dijamu dengan teh hasil perkebunan teh Taman Simalem, welcome drink ini membuat tubuh menjadi segar kembali setelah menempuh perjalanan 2,5 jam dari Medan.

Welcome Drink dari Taman Simalem Resort

Makan Malam Diiringi Kesenian Tradisional

Taman simalem resort akan mengiringi makan malam Anda dengan live musik dari alat musik tradisional dan tarian tradisional karo. Live musik dan tarian tradisional ini dihadirkan hanya jika Anda sedang beruntung, ya, pada saat tamu di resort ramai - demikian disampaikan oleh salah satu staff Taman Simalem Resort kepada kami.

Live Musik dan Tarian Tradisional dari Taman Simalem Resort

Matahari Terbit

Jika anda menginap di Taman Simalem Resort, kegiatan melihat matahari terbit (sunrise ) adalah satu moment yang tidak boleh dilewatkan. Pemandangan matahari terbit dari lokasi One Tree Hill yang masih berada dalam kawasan resort ini sangat indah - jika Anda sedang beruntung cuaca tidak berkabut. Pemandangan Danau Toba, gunung-gunung di sekelilingnya dan suara-suara hewan liar yang berasal dari hutan lindung akan menghibur Anda di lokasi One Tree Hill ini. Untuk mendapatkan suasana matahari terbit yang romantis, Anda perlu bangun lebih pagi, yaitu sekitar jam 5.30WIB. Perjalanan menuju lokasi ini dari tempat penginapan kami, kurang lebih 10 menit lamanya.

One tree hill

Sunrise / Matahari Terbit dari Taman Simalem Resort

Jelajah Hutan (Jungle Trek )

Taman simalem resort dikelilingi oleh hutan alam yang cukup menarik untuk dijelajahi. Salah satu kegiatan yang disediakan oleh resort ini adalah jungle trek. Jelajah hutan yang berakhir di air terjun kembar, memberikan pengalaman baru bagi kami. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai air terjun kembar hanya selama 1 jam dengan berjalan kaki. Selama perjalanan sang Ranger (pemandu) menceritakan berbagai hal mengenai vegetasi yang tumbuh di hutan ini dan pemanfaatannya.

Jungle trek di Taman Simalem Resort

Selama perjalanan, sang ranger menceritakan tentang ciri jamur yang dapat dimakan dan tidak - jamur dengan sisi ada bekas gigitan serangga adalah jamur yang aman untuk dimakan, semut hutan yang dapat dimakan - semut dengan jumlah kaki 8, ulat yang dapat dimakan - ulat dengan permukaan berwarna kuning, bagaimana menentukan arah barat dan timur dari arah tumbuhnya lumut pada permukaan pohon - bagian lumut yang tebal adalah arah timur, dan filosofi hutan bagi kehidupan manusia.

Berbagai vegetasi hutan di Taman Simalem Resort

Anda akan tidak merasakan lelah ketika mencapai air terjun kembar yang mengalirkan air yang sangat dingin dan segar ini.

Air terjun kembar di Taman Simalem Resort

Selain jungle treking, terdapat banyak aktivitas lain yang dapat kita lakukan di Taman Simalem Resort, diantaranya adalah outbound / adventure zone yang menyediakan berbagai circuit yang menantang, mulai dari jembatan tali, jembatan donat, flying fox, panjat tebing, dll.

Panjat Tebing / Wall Climbing di Taman Simalem Resort

Di kunjungan kami kali ini, kami menyempatkan berkunjung ke lokasi vihara yang berada di dalam Taman Simalem Resort ini, sayangnya, vihara ini masih dalam tahap pembangunan. Namun demikian, pesona danau toba di depan vihara yang masih belum siap ini, masih memberikan suasana yang unik bagi kami.

Vihara di Taman Simalem Resort

Siluet naga di Taman Simalem Resort

Setelah serangkaian kegiatan, tentunya Anda ingin membawa buah tangan kepada keluarga, nah... di Taman Semalem Resort telah disediakan tempat yang menjual hasil kebun taman simalem berupa kopi, teh, jeruk, berbagai buah dan kerajinan tangan lainnya.

Agromart - Taman Simalem Resort

Bagi pecinta fotografi alam, Taman Simalem Resort memberikan tempat hunting foto yang luas bagi Anda. Banyak lokasi-lokasi yang seksi yang wajib di jelajahi dan di tangkap lensa kamera Anda. Berikut beberapa lokasi yang tertangkap kamera kami :

Labirin - Taman Simalem Resort
Taman Labirin

Pearl of Lake Toba - Taman Simalem Resort
Pearl of Lake Toba - Signature Taman Simalem Resort

Fountain of Wealth - Taman Simalem Resort
Fountain of Wealth - Taman Simalem Resort

Kabut dibalik Pohon
Pemandangan Kabut Menutupi Pegunungan

Taman Berbentuk Hati - Taman Simalem Resort
Taman Berbentuk Hati Dengan Latar Belakang Agromart

Taman Berbentuk Hati - Taman Simalem Resort
Taman Berbentuk Hati Dengan Latar Belakang Danau Toba

Sunrise / Matahari Terbit dari Taman Simalem Resort
Matahari Terbit Tetutup Kabut

 

Masih terdapat banyak lokasi / spot yang menarik di lokasi Taman Simalem Resort ini, tempat wisata ini sangat kami rekomendasikan. Sangat cocok untuk melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan dan pekerjaan.

Comment(s)

Email *
Fullname *
Phone / Mobile *
Company / Website
Comment *
Validation Code
Verify Validation Code
Verify Validation Code *
 
Load time : 0 Sec(s)