Ulasan ringan seputar kota Medan

UPH Medan Business Week : Business Talk 2017

Created. Sun, 05 Mar 2017 16:00:05
Comment(s). 0

UPH Medan Business Week : Business Talk 2017UPH Medan Business Week : Business Talk 2017

Minggu, 05/03/2017 - Di penghujung acara UPH Medan Business Week ini, kami berkesempatan untuk ikut dalam acara Business Talk yang menghadirkan para panelis yang sudah dikenal di bidangnya masing-masing.

Business Talk yang di moderasi oleh Bapak Arifin Fu (Executive Director of UPH Medan) ini menhadirkan Edy Tan - Regional Head Of Go-Jek Sumbagut, Darwis Taniwan - Pemimpin Redaksi Aplaus Magazine, Lumut Communications dan A-Radio dan Christopher Angkasa - Founder of Clapham Collective.

Christopher Angkasa - Founder of Clapham CollectiveChristopher Angkasa - Founder of Clapham Collective

Pengetahuan akan kemampuan diri menjadi modal awal dalam memulai sebuah bisnis. Di bisnis kreatif, investasi terbesar ada pada manusianya. Saling berbagi dan kolaborasi menjadi modal agar sebuah bisnis startup dapat bertahan, kembang dan bersaing, demikian yang disampaikan oleh Christopher Angkasa ketika berbicara tentang bisnis dan bisnis kreatif.

Edy Tan - Co-Founder and Co-Chair Medan Tech ValleyEdy Tan - Co-Founder and Co-Chair Medan Tech Valley

Menurut Edy Tan, untuk membangun sebuah bisnis, yang pertama kali yang dibutuhkan adalah "keberanian". Dengan keberanian dan tentunya diimbangi dengan skill yang dimiliki menjadi modal awal membangun sebuah bisnis.

Di bisnis kreatif, ekosistem sangat berperan penting, tanpa ekosistem yang mendukung, sebuah bisnis kreatif akan susah diterima oleh pasar, oleh karena itu perlu pula memiliki mindset yang flexible yang terbuka untuk perubahan yang terjadi.

Darwis Taniwan - Pemimpin Redaksi Aplaus Magazine, Lumut Communications dan A-RadioDarwis Taniwan - Pemimpin Redaksi Aplaus Magazine, Lumut Communications dan A-Radio

Anak muda Medan ini bisa menjadi inspirasi bagi kita. Berawal dari atlet wushu hingga saat ini membawahi 3 bisnis kreatif berupa majalah, creative agency dan radio.

Di umur 21 tahun sudah dipercaya untuk menahkodai Majalah Aplaus (@aplausmagazine) yang menyasar kaum anak-anak muda dengan tema food, travel dan inspiration.

Hal penting dalam memulai bisnis versi Darwis TaniwanHal penting dalam memulai bisnis versi Darwis Taniwan

Dalam membangun sebuah bisnis, Darwis menggambarkan layaknya susunan tombol-tombol yang ada pada tape : record, backward, stop, play, pause, fast forward dan repeat

Pola pikir yang mau belajar adalah hal pertama yang diperlukan. Belajar (record) dan berani gagal (backward) menjadi langkah awal untuk memulai bisnis. Ketika telah menemukan pola yang pas dalam bisnis yang digeluti, berikutnya adalah mengeksekusinya (play) dan mengembangkannya dengan cepat (fast forward).

Terkadang, dalam menjalankan bisnis, kita juga perlu sejenak berhenti dan melihat kembali hal-hal apa yang perlu untuk kembali dipelajari agar bisnis dapat terus berkembang dan hal ini tidak cukup sekali, dua kali bahkan berkali kali.

Dalam bisnis kreatif, kemampuan dalam menggunakan tools bukanlah hal yang utama, yang terpenting adalah mindset yang dapat melihat sesuatu dari sisi yang berbeda. Sehingga, hasil karya yang dihasilkan memiliki nilai lebih.

Arifin Fu - Executive Director of UPH MedanArifin Fu - Executive Director of UPH Medan

Sebagai moderator, Bapak Arifin Fu menyimpulkan, bahwa hal terpenting dalam membangun sebuah bisnis adalah passion. Dengan passion dibarengi dengan mindset dan attitude yang positive, akan membawa sebuah bisnis ke arah kesuksesan.

Hal ini sejalan dengan misi yang diemban oleh Universitas Pelita Harapan (UPH) untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter dengan attitude baik.

Setelah acara Business Talk ini berakhir, acara Business Week UPH Medan kemudian diteruskan dengan Networking Night yang dihadiri oleh beberapa undangan VIP dari berbagai bidang usaha dan media.

Networking Night

Business Week Networking NightBusiness Week Networking Night

Rangkaian acara Business Week UPH Medan yang berlangsung dari tanggal 3 - 5 Maret 2017 ini, ditutup dengan Networking Night dan makan malam bersama. Acara yang diselenggarakan oleh badan eksekutif mahasiswa UPH Medan ini berlangsung cukup sukses dan dihadiri beberapa tamu VIP dari kalangan pengusaha dan media.

Acara positif ini tentunya akan menjadi katalisator bagi mahasiswa UPH Medan untuk mampu menerapkan teori yang mereka dapatkan di kelas dengan dunia bisnis sebenarnya.

Semoga acara @businessweek.uphmedan ini dapat menjadi agenda tahunan di @UPHMedan, sehingga pada akhirnya, terlahir para entrepreneur - entrepreneur muda dari kampus ini.

Terima kasih kami ucapkan kepada UPH Medan yang telah melibatkan MedanReview.com sebagai media partner acara ini.

Universitas Pelita Harapan Medan ( 3.5863894 , 98.6735834 )
Universitas Pelita Harapan Medan ( 3.5863894 , 98.6735834 )


Dapatkan informasi cepat melalui akun sosial media MedanReview.com berikut ini :
Instagram : @medanreview
Twitter : @medanreview_
Tumblr : @medanreview
Facebook : @medanreview
Google Plus : +MedanReview
BBM Channel : C0035C07C
BBM PIN : 56C2FAE2

Silahkan menghubungi kami melalui salah satu akun sosial media di atas.


Comment(s)

Email *
Fullname *
Phone / Mobile *
Company / Website
Comment *
Validation Code
Verify Validation Code
Verify Validation Code *
 
Load time : 0 Sec(s)