Ulasan ringan seputar kota Medan

[Catatan] Clapham Conversation Bersama Founder WAVOO dan DAGELAN

Created. Sat, 12 Mar 2016 22:11:10
Comment(s). 0

Kembali MedanReview.com berkesempatan menghadiri acara yang digelar oleh salah satu co-working space termuda di kota Medan saat ini - Clapham Collective. Coworking space ini memiliki program yang mereka beri nama "Clapham Conversation", yaitu kegiatan yang menghadirkan pelaku industri startup yang sukses untuk berbagi pengalaman mereka.

Di acara Clapham Conversation kali ini - Sabtu, 12 Maret 2016 - mengambil tema "Startup Journey, Growth Hacking and Social Media", sejalan dengan tema itu, Clapham menghadirkan dua orang pemuda yang sudah berhasil membangun startup mereka, Danny Syah (CMO - Chief Marketing Officer) Dagelan / PT. Infia Media Pratama dan Yudhi ‘Domex’ Mandey (Founder) WAVOO Apps.

Catatan Clapham Conversation Bersama Founder WAVOO dan DAGELAN

DAGELAN / PT. Infia Media Pratama

Di Clapham Conversation kali ini, Danny Syah (CMO - Chief Marketing Officer) Dagelan / PT. Infia Media Pratama hadir dengan memperkenalkan bagaimana awalnya :Dagelan lahir dan membagikan tips untuk membuat content yang viral.

:Dagelan adalah sebuah akun di sosial media instagram yang berisi gambar-gambar dan video lucu. Awalnya, akun :Dagelan bernama path_indo, yang kemudian pada tahun 2014 diubah menjadi @dagelan. Saat ini :Dagelan adalah salah satu dari 16 akun instagram yang dikelolah oleh PT. Infia Media Pratama dengan 35 orang karyawannya.

Danny Syah menyampaikan, :Dagelan dapat menjadi besar seperti saat ini dikarenakan beberapa content yang mereka tampilkan di akun instagram :Dagelan mampu menjadi content yang "viral", sebut saja content yang slogannya "hmm... sudah kuduga" dan content yang menampilkan sorang wanita cantik berjaket gojek.

Danny Syah (CMO - Chief Marketing Officer) Dagelan / PT. Infia Media Pratama
Danny Syah (CMO - Chief Marketing Officer) Dagelan / PT. Infia Media Pratama

Content viral adalah content yang dengan sendirinya dapat menyebar secara liar dan tidak terkendali. Untuk membangun content yang seperti ini, menurut Danny Syah dapat dilakukan dengan tips berikut ini :

  • Sederhana dan mudah diingat
    Content yang berisi keterangan yang sederhana memudahkan orang lain untuk memahami dan mengingat content tersebut
  • Menyentuh rasa emosi dan bersifat provokatif positif
    Content yang sifatnya provokatif, cenderung menggelitik pembacanya untuk menyebarkannya kembali melalui akun sosial mereka
  • Waktu yang tepat
    Sebuah content akan menjadi viral ketika di keluarkan pada saat yang tepat
  • Kreativitas
    Content dengan isi dan kata-kata yang kreatif cenderung disukai oleh para pembacanya, oleh karenanya dengan sukarela si pembaca akan membagikannya kepada teman-temannya melalui akun sosial media
  • Konsisten
    Dalam hal konsisten, :Dagelan secara rutin melakukan 40 posting di akun instagram mereka per-hari. Hal ini wujud sebagai konsistensi mereka dalam memberikan informasi hiburan bagi para penggemarnya

Saat artikel ini kami buat, follower akun instagram :Dagelan sudah berangka 8.9 Juta, cukup fantastis. Saat ini :Dagelan dan Infia bukan hanya hadir sebagai akun instagram, tapi sudah tersedia dalam format aplikasi bernama :Dagelan Apps, Infia Apps juga dalam format web Infia.co dan Dagelan.co yang masih dalam tahap pengembangan.

WAVOO

WAVOO Apps adalah salah satu aplikasi kencan (dating apps) yang dibangun oleh Yudhi ‘Domex’ Mandey bersama temannya Gema. Awalnya, wavoo berasal dari aplikasi kencan yang terbilang kontroversial Tristup. Domex memiliki segudang pengalaman dalam membangun startup. Dari beberapa startup yang dia bangun salah satunya Tristup, startup yang dinilai sukses, terbukti dari jutaan pengguna yang didapat tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun untuk promosi.

Yudhi ‘Domex’ Mandey - Founder WAVOO Apps
Yudhi ‘Domex’ Mandey - Founder WAVOO Apps

Tristup kemudian berubah menjadi WAVOO yang merupakan buah dari segudang pengalaman yang dimiliki oleh founder nya. Dengan didukung oleh Mountain Kejora, salah satu venture capital di Indonesia, Wavoo dinilai mampu mencuri hati penggunanya.

Di Clapham Conversation ini, Domex bukan hanya menceritakan kesuksesn wavoo, dia juga membagikan bagaimana "growth hacking" yang mereka lakukan untuk membesarkan wavoo.

Sekedar informasi, growth hacking adalah sebuah cara / teknik mendapatkan pertumbuhan usaha / bisnis dengan mengeluarkan biaya yang sedikit. Dalam conteks ini, Yudhi memaparkan, bahwa wavoo dapat dengan mudah mendapatkan penggunanya dengan hadir sebagai sponsor di berbagai kegiatan yang melibatkan orang-orang muda. Diantaranya dia berkisah bagaimana sebuah event yang diadakan oleh sebuah kampus di Jakarta, mereka "bajak" seolah-olah event tersebut diadakan oleh wavoo.

Growth Hacking
Growth Hacking : Creative Marketing, Data Analytics & Testing, Software Engineering & Automation

Selain teknik "pembajakan", wavoo juga berani menjadi sponsor sebuah acara, dengan teknik barter, yaitu mereka akan bersedia memberikan dana sponsorship mereka bukan dengan menampilkan logo pada media promosi acara, tapi dengan banyak pengguna baru wavoo yang berasal dari acara tersebut, dengan demikian pertumbuhan pengguna wavoo menjadi lebih cepat dan nyata.

Dalam hal profit, Domex berpendapat bahwa sebuah startup pada awal berdirinya jangan hanya semata untuk mengejar profit, beliau berprinsip bahwa pertumbuhan dan jumlah pengguna merupakan nilai yang lebih berharga daripada profit. Dengan bertambah dan bertumbuhnya pengguna, sebuah startup dapat dengan mudah mendapatkan keuntungan atau pendapatan dari produk yang mereka miliki, misalkan dengan menambahkan fitur freemium pada layanannya

Kesimpulannya, menurut Domex, growth hacking itu merupakan gabungan dari creative marketing, data analytics & testing dan software engineering & automation

Clapham Conversation

Acara Clapham Conversation dengan menampilkan para narasumber yang berpengalaman, merupakan sebuah terobosan yang sangat baik dari coworking space Clapham Collective.


Upcoming Event Clapham Collective

Dengan adanya acara seperti ini dan berkelanjutan, akan memberikan dampak positif bagi para pelaku kreatif anak-anak Medan. Nah, jika kamu tertarik dan ingin mengikuti acara Clapham Conversation berikutnya, silahkan bergabung ke dalam mailing list Clapham Collective yang bisa ditemukan di website mereka www.clapham.co.id atau follow akun instagram mereka @claphamco

Digital Payment Solution
Digital Payment Solution

Event berikutnya direncanakan akan berbicara tentang Digital Payment Solution, bagaimana ? tertarik ? jangan sampai ketinggalan ya sob

Comment(s)

Email *
Fullname *
Phone / Mobile *
Company / Website
Comment *
Validation Code
Verify Validation Code
Verify Validation Code *
 
Load time : 1 Sec(s)