Ulasan ringan seputar kota Medan

Ho Ciak Food Festival (HCFF) Medan

Created. Mon, 23 Mar 2015 14:57:26
Comment(s). 0

Acara Ho Ciak Food Festival (HCFF) digagas pada tahun 2011 atas dasar pemikiran banyaknya kuliner di Medan yang luar biasa sedapnya. Hal ini diakui oleh banyak tamu, wisatawan lokal maupun luar. Berbagai ragam masakan dapat ditemukan di kota Medan. Salah satu yang paling menonjol adalah chinese food-nya.

Saat itu tim Ho Ciak Food Festival (HCFF) yang terdiri dari Teh Botol Sosro dan Event Organizer JIV, berpikir alangkah baiknya jika anak Medan dan sesama penggila kuliner chinese food Medan membuat ajang temu tahunan para legenda kuliner Medan. Akhirnya hadirlah ide Ho Ciak Food Festival 2011, yg saat itu digelar secara sederhana di lapangan parkir Yang Lim Plaza Medan.

Sebagai acara unik (karena acaranya spesialis ngumpulin kuliner chinese food) dan pertama di Medan (mungkin juga pertama di Indonesia), HCFF termasuk sukses besar dan terus berlanjut sampai tahun ini. Bahkan di tahun 2014, HCFF berhasil mencatatkan diri sbg event yg diliput oleh Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) kota Medan (baca disini).

Siapa saja yg berkontribusi sehingga acara ini hingga bisa terus exist ? Pertama, tentunya adalah para tenant yg bersedia meluangkan waktu (dari kesibukan mengelola rumah makan masing-masing) – untuk hadir di HCFF. Perlu diketahui, tidak mudah bagi panitia HCFF mengundang para tenant, berhubung mereka sebagai pengelola bisnis kuliner mapan – sudah sangat sibuk di rumah makannya masing-masing. Sehingga kerapkali mereka keberatan bergabung krn keterbatasan sumber daya manusia.

Kontributor berikutnya, tentunya para HO CIAK’ers Medan - istilah yg kami sebutkan untuk penggila kuliner chinese food Medan – yang dengan selalu setia menghadiri acara ini. Berikutnya, para co-sponsor yang ikut patungan mendanai acara ini. Dan tahun ini panitia HCFF sangat beruntung, mendapat bantuan dari para IG’ers Penggiat Kuliner Kota Medan.

Selama bertahun-tahun HCFF secara solid berhasil menjaga eksistensinya – bahkan hingga akhirnya konsep ini mulai ditiru oleh "pemain" lain. Awalnya tim HCFF sangat senang bahwa konsep sejenis bisa juga diterapkan ‘pemain’ lain, karena toh tujuan awal HCFF - menjaga dan menonjolkan kuliner chinese food Medan - bisa terbantu. Namun yang sangat disayangkan, ternyata beberapa acara sejenis tersebut lebih bersifat komersial, sehingga tdk mengambil esensi bahwa konsepnya kita mau menghadirkan para jawara kuliner, bukan hanya sekedar mengumpulkan pebisnis kuliner yang bersedia membayar sewa stand. Sekedar informasi, bahwa di HCFF, semua tenant tidak dikenai biaya sewa lokasi sama sekali.

Siapa saja tim Ho Ciak Food Festival (HCFF) ?

Hociak Food Festival Medan

PT. Sinar Sosro, sebagai produsen Teh Botol Sosro, ikut mendanai proyek ini dan Event Organizer JIV, berdiri sejak tahun 1997 dan berjalan secara profesional pada thn 2001. Event Organizer JIV sudah mengelola berbagai acara sukses di kota Medan seperti acara Panin Extravaganza, Medan Wedding Expo 2007 -2015, FruitTea Oriental Competition, Pertamina Gathering, Reuni Akbar Methodist 2, Sutomo, Hangkesturi, Wiyata Dharma, TanjungBalai, NU Skin Roadshow, Airasia The Great Sale, Korea Mice, Japan TB Exhibition, Alleira Grand Opening, Era Musika Exhibition, New York Art all the Event, Wedding Party, Birthday Party, Seminar, dsb.

HoCiak Food Festival dari Tahun ke Tahun

Comment(s)

Email *
Fullname *
Phone / Mobile *
Company / Website
Comment *
Validation Code
Verify Validation Code
Verify Validation Code *
 
Load time : 0 Sec(s)